EFI and Linux

Pada postingan ulasan keduaini mengacu pada video dari situs YouTube di tautan ini dengan judul "EFI and Linux: the future is here, and it's awful - Matther Garrett". Video ini, di-publish oleh Linux.conf.au 2012 -- Ballarat, Australia pada tanggal 12 Januari 2012 dengan durasi 53 menit 10 detik. Sampai postingan ini dibuat, video tersebut sudah ditonton sebanyak 65,622 kali.

Pada lima menit pertama Garrett menjelaskan tentang bagaimana cara kerja EFI yang berhubungan dengan EFI driver, EFI Application, EFI Bootcode, dan OS Loader. Garrett juga menjelaskan Firmware/OS(Kernel atau Loader) memanggil ExitBootServices() yang membuat Boot services dihilangkan dan menjalankan runtime services setelahnya. Setelah menjelaskan berbagai hal tentang cara kerja BIOS, EfI dan bootloader, Garrett memeberi insight bahwa pada system yang ada masih terdapat bugs seperti tidak ada exit boot services yang muncul setelah boot.

Menurut saya, video berjudul "EFI and Linux: the future is here, and it's awful - Matther Garrett" ini menarik karena meskipun berbentuk seminar, pembicara menjelaskan poin-poin yang tidak dipelajari di kelas seperti step by step yang dilakukan sistem saat menjalankan PC BIOS.. Video ini juga memberi gambaran yang dekat menggunakan Bahasa Inggris yang sedikit menggunakan bahasa IT tingkat tinggi yang membahas boot itu sendiri. Video ini sangat layak ditonton untuk menambahkan ilmu tentang BIOS, EFI, dan bootloader dan memperlihatkan flaw yang ada pada boot jaman sekarang ini.



Github Account : bagasmdputra
URL Ulasan: http://acawriting.blogspot.co.id/2017/12/efi-and-linux.html
URL Video : https://youtu.be/V2aq5M3Q76U  (53 menit 10 detik)
Pemetaan : week03
Revisi Pertama : 9 December 2017

Revisi Terakhir : 9 December 2017

Komentar